INFO PPDB



PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMA NEGERI 1 RANTAU
TAHUN PELAJARAN 2017 – 2018
 A. DASAR HUKUM
1.      Undang-Undang  RI  Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.      Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan;
5.      Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
6.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
7.      Pertaruan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru;
8.      Hasil Rapat Panitia PPDB SMAN 1 Rantau pada tanggal 12 Mei 2017.
B. TUJUAN.
Penerimaan siswa baru SMAN 1 Rantau tahun pelajaran 2017 – 2018 bertujuan untuk memilih calon siswa baru yang mempunyai kemampuan akademik, prestasi, motivasi yang tinggi, dn sebagai pemikir yang kreatif serta integritas yang tinggi untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Rantau yang nantinya dapat mengharumkan nama daerah kabupaten Tapin ke tingkat Nasional bahkan Internasional.
C. Sasaran.
Sasaran penerimaan siswa baru adalah siswa SMP/MTs kelas IX tahun pelajaran 2016 – 2017  dan lulusan SMP/MTs /Program Paket B
D. DAYA TAMPUNG
SMA Negeri 1 rantau di tahun pelajaran 2017 – 2018 menerima siswa baru sebanyak 9  kelas x 36 siswa = 324 siswa
E. PERSYARATAN
Umum
1.      Laki-laki menggunakan map warna merah
2.      Perempuan menggunakan map warna kuning
Khusus
1.      Lulusan SLTP/MTs/Paket B.
2.      Menyerahkan Foto kopi Ijazah/STTB/Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional  dan SKHUN/Daftar Nilai Ujian Nasional yang sudah dilegalisir = 1 lembar
3.      Menyerahkan Foto kopi raport semester 1 – 6 yang sudah dilegalisir = 1 lembar.
4.      Menyerahkan Foto kopi Piagam penghargaan prestasi, foto kopi sertifikat kursus Bahasa Inggris masing-masing = 1 lembar (jika ada).
5.      Menyerahkan Foto kopi kartu NISN = 1 lembar
6.      Usia tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 17 Juli 2017.
7.      Menyerahkan pas photo hitam putih 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.
8.      Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia.
F. WAKTU PENDAFTARAN
WAKTU
URAIAN KEGIATAN
15 Mei – 10 Juni 2017
Pengambilan Formulir Pendaftaran Calon Siswa
12 – 14 Juni 2017
Penyerahan Formulir Pendaftaran Calon Siswa
13 – 14 Juni 2017
Seleksi Data
15 – 17  Juni 2017
Pengumuman sekaligus daftar ulang bagi siswa yang diterima, waktu jam 08.00 – 13.00 Wita. Bertempat di SMAN 1 Rantau

G. SISTEM PENERIMAAN
1.      Pendaftar datang sendiri ke SMA Negeri 1 Rantau dan tidak bisa diwakilkan.
2.      Mengisi formulir pendaftaran sebanyak 2 lembar yang sudah disediakan oleh Panitia.
3.      Formulir pendaftaran yang sudah diisi diserahkan kepada Panitia untuk ditanda tangani oleh  panitia dan 1 lembar di kembalikan kepada calon  siswa dan 1 lembar untuk arsip panitia.
4.      Cara Penentuan kelulusan yaitu : Penentuan kelulusan calon siswa SMA Negeri 1 Rantau pada tahun pelajaran 2017 – 2018 adalah sebagai berikut :
a). Melihat dan menyelekasi data nilai  Akhir calon siswa.
b). Apabila jumlah mendaftar melebihi daya tampung sekolah yaitu 9 kelas x 36 orang = 324 orang, maka sekolah mengadakan seleksi.
c). Sistem seleksinya adalah dengan melakukan peringkat dari jumlah Nilai Akhir tertingi sampai peringkat ke 324.
d). Bagi calon siswa yang Nilai Akhir-nya di bawah peringkat 324 dinyatakan  tidak diterima.
e). Tidak ada calon siswa cadangan.

H. SYARAT-SYARAT DAFTAR ULANG
1.      Menyerahkan formulir pendaftaran/kartu tanda pendaftar.
2.      Mengisi formulir daftar ulang yang sudah disediakan oleh panitia.
3.      Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm hitam putih = 6 lembar
4.      Menyerahkan pas photo 3 x 4 cm warna = 2 lembar
5.      Menyerahkan Foto kopi Ijazah/STTB/Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional  dan SKHUN/Daftar Nilai Ujian Nasional yang sudah dilegalisir = 3 lembar
6.      Menyerahkan Foto kopi raport semester 1 – 6 yang sudah dilegalisir = 1 lembar.
7.      Menyerahkan Foto kopi Piagam penghargaan prestasi, foto kopi sertifikat kursus Bahasa  Inggris masing-masing = 1 lembar (jika ada).
8.      Menyerahkan Foto kopi kartu NISN = 1 lembar
9.      Menyerahkan Foto kopi Akta Kelahiran = 1 lembar
10.  Menyerahkan Foto kopi Kartu Keluarga/NIK = 1 lembar
11.  Surat Keterangan Dokter tentang Golongan Darah = 1 lembar
12.  Bagi calon siswa yang tidak mendaftar ulang sampai batas waktu yang ditentukan (Sabtu 17 Juni 2017 jam 13.00 Wita), maka calon siswa tersebut dianggap mengundurkan diri.

I. BIAYA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Rantau tahun pelajaran 2017 – 2018 tidak dipungut biaya (GRATIS).

J. LAIN-LAIN
1.      Kegiatan Belajar Mengajar tahun pelajaran 2017-2018 dimulai tanggal 17 Juli 2017.
2.      Kegiatan MOS (Masa Orintasi Siswa) dilaksanakan pada tanggal 13, 14 dan 15 Juli 2017.

Demikian pengumuman penerimaan siswa baru ini diberitahukan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaiman mestinya.

Dikeluarkan di : Rantau
Pada tanggal  : 13 Mei 2017
Mengetahui,                                                                      Panitia PPDB SMAN 1 Rantau
Kepala Sekolah                                                                 Ketua


Drs. MUHAMMAD NURDIN,M.Pd.                           PADIYA,S.Pd.
NIP 19670222 199203 1 007                                           NIP 19681021 199301 1 001

1 komentar:

Ridwan mengatakan...


CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH Assalamualaikum saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL

3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Email bpk dr sutanto akan di kirim setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 1.500.000
• SMA = Rp. 2.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000