PROGRAM ADIWIYATA
SMA NEGERI 1 RANTAU
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
A.
Latar Belakang
Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan
Kementerian Pendidikan Nasional telah menggulirkan Program Adiwiyata, yaitu
Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dengan harapan dapat mengajak warga
sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut
berpatisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan
sekitarnya. Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi
sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah,
sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab
dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan
kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran &
penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di
kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya
penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan .
Disamping itu, indikator Program Adiwiyata yang dijabarkan
dalam 4 kriteria itu jika dilaksanakan memiliki keuntungan yang besar bagi
sekolah. Hal ini yang memberikan motivasi kepada kami pihak sekolah dalam
mengikuti program adiwiyata ini.
Potensi yang dimiliki SMA Negeri 1 Rantau sangat
mendukung untuk mengikuti lomba Adiwiyata. Untuk itulah , kami menjadikan
Sekolah Adiwiyata sebagai program unggulan sekolah untuk tahun pelajaran 2013/2014
dalam rangka meraih juara dalam lomba
sekolah adiwiyata tingkat provinsi dan dapat mewakili Kalimantan Selatan untuk
tingkat nasional.
B.
Tujuan
1.
Mendukung
pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan
(SKL) pendidikan dasar dan menengah.
2.
meningkatkan
efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan
pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan actor.
3.
Menciptakan
kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan
kondusif.
4.
Menjadi
tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai
pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga
sekolah dan masyarakat sekitar.
5.
Meningkatkan
upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan
pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi
lingkungan di sekolah.
C. Deskripsi Program
Dalam rangka mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya
Lingkungan, SMA Negeri 1 Rantau menyusun rencana kegiatan yang akan dicapai
selama 4 tahun kedepan. Rencana kegiatan ini disusun pada Tahun Pelajaran 2013/2014.
1. Tabel
Rencana Kegiatan jangka menengah
A.
Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu Tahun Ke-
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Mengembangkan
Visi dan Misi
|
Menyusun
Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
|
Kepsek,
Guru, Komite
|
Visi dan
Misi tercantum dalam KTSP
|
√
|
|||
Sosialisasi
Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisasi
Visi dan Misi Sekolah adiwiyata
|
√
|
||||
Mengevaluasi
pelaksanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
|
Seluruh
warga sekolah
|
Perbaikan
atau revisi misi dan visi sekolah
|
√
|
||||
Mengembangkan
kurikulum Pendidikan Lingkungan hidup
|
Himbauan
untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
Guru mata
pelajaran IPA,IPS, Penjaskes, Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan
diri
|
PLH
terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
|
√
|
|||
Menyusun
Kurikulum Sekolah (KTSP) yang menginte-grasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan
pengembangan diri
|
Kepsek,
Guru dan Komite
|
Tersusunnya
muatan PLH dalam mata pelajaran tertentu dalam KTSP
|
√
|
||||
Pengembangan
kurikulum pembe-lajaran PLH secara monolitik
|
Kepsek,
guru dan komite
|
Adanya
mata pelajaran PLH dalam muatan local
|
√
|
||||
Melaksanakan
kegiatan rutin tahunan yang bertema Lingkungan hidup
|
Penanaman
pohon / penghijauan
|
Seluruh
warga sekolah
|
Sekolah
yang hijau dan rindang
|
√
|
|||
Lomba
kebersihan kelas dan ling-kungan sekitarnya
|
Siswa
|
Kelas yang
bersih dan sehat
|
√
|
||||
Lomba
menga-rang / poster ber-tema Lingkungan
|
Siswa
|
Peningkatan
kemampuan menulis dan pemahaman tentang LH
|
√
|
||||
Peningkatan
Kapasitas SDM warga sekolah
|
Seminar
|
Kepsek dan
guru
|
Meningkatnya
pemahaman tentang PLH
|
√
|
|||
Lokakarya
/ workshop
|
Kepsek dan
guru
|
Meningkatnya
keterampilan dalam menge-lola LH
|
√
|
||||
Studi
Banding
|
Kepsek dan
guru
|
Menambah
pengetahuan tentang Adiwiyata
|
√
|
||||
Sosialisasi
penerapan PLH
|
Pengarahan
pada saat upacara bendera
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisasi-nya
penerapan PLH
|
√
|
|||
pengarahan
pada saat rapat komite
|
komite /
orang tua siswa
|
Tersosialisasi-nya
penerapan PLH
|
√
|
||||
Ffisiensi
penggu-naan air, listrik, alat tulis kantor
|
Meyusun
surat keputusan tentang petunjuk pelaksa-naan hemat SDA
|
Kepsek,
Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman
Hemat Sumber Daya Alam
|
√
|
|||
Sosialisasi
Pedo-man Hemat Sum-ber Daya Alam
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisasi-nya
Pedoman Hemat SDA
|
√
|
||||
Terciptanya
lingkungan yang bersih dan sehat
|
Menyusun
surat keputusan tentang petunujuk pelak-sanaan sekolah yang bersih dan sehat
|
Kepsek,
Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman
Budaya Bersih dan Sehat
|
√
|
|||
Sosialisasi
Pedo-man Budaya Bersih dan Sehat
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisasi-nya
Pedoman Budaya Ber-sih dan Sehat
|
√
|
||||
Mengalokasikan
anggaran bagi kegiatan PLH
|
Penyediaan
prasa-rana kebersihan
|
Sekolah
|
Lingkungan
sekolah yang bersih
|
√
|
|||
Pembelian
pohon dan tanaman hias/ bunga
|
Sekolah
|
Lingkungan
sekolah yang hijau dan indah
|
√
|
||||
Pelatihan
bertema lingkungan hidup di sekolah
|
Kepsek,
guru
|
Terampil
dalam pengolahan sampah dan pembuatan kompos
|
√
|
B.
Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu Tahun Ke-
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Mengembangkan
kurikulum pembe-lajaran PLH
|
Menyusun
silabus terkait PLH secara integrasi
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
mata pelajaran terintegrasi
|
√
|
|||
Menyusun
silabus mata pelajaran PLH
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus
Mata pelajaran PLH
|
√
|
||||
Mengembangkan
materi PLH berda-sarkan isu local
|
Menyusun
silabus berisikan materi isu acto LH pada acto-ror mata pelajaran terkait
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
beri-sikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran terkait
|
√
|
|||
Menyusun
silabus berisikan materi isu acto LH pada acto-ror mata pelajaran PLH
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus
beri-sikan materi isu acto LH pada actoror mata pelajaran PLH
|
√
|
||||
Mengembangkan
materi PLH berda-sarkan isu global
|
Menyusun
silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pela-jaran terkait
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
berisi-kan materi isu global LH pa-da actoror ma-ta pelajaran terkait
|
√
|
|||
Menyusun
silabus berisikan materi isu global LH pada actoror mata pela-jaran PLH
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus
berisi-kan materi isu global LH pa-da actoror mata pelajaran PLH
|
√
|
||||
Mengembangkan
metode pembela-jaran PLH
|
Menyusun
silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
Mapel terintegrasi dan atau monolitik
|
√
|
|||
Memanfaatkan
sumber belajar PLH
|
Menyusun
silabus dengan peman-faatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
silabus
deng-an pemanfa-atan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
|
|||
Menyusun
silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada
disekolah
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran PLH
|
Silabus
Mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber bela-jar PLH yang ada disekolah
|
√
|
||||
Mengimplementasikan
hasil pembe-lajaran PLH dalam kegiatan kurikuler
|
Pencangkokan
tanaman
|
Siswa
|
Siswa
dapat mencangkok tanaman / pohon
|
√
|
|||
Pengolahan
sampah
|
Siswa
|
Siswa
dapat mengelola sampah secara sederhana
|
√
|
C.
Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Mengembangkan
kegiatan dalam ekstrakurikuler atau kokurikuler
|
Piket
Kebersihan
|
Siswa
|
Ada jadwal
kebersihan sekolah
|
√
|
|||
Lomba
Kebersihan kelas
|
Siswa
|
Meningkatnya
motivasi siswa dalam menjaga kebersihan ke-las dan ling-kungan seki-tarnya
|
√
|
||||
Masa
orientasi Siswa Baru
|
Siswa
|
Siswa baru
dapat mengenal tentang PLH
|
√
|
||||
Lomba
majalah dinding
|
Siswa
|
Meningkatnya
kemampuan menulis siswa
|
√
|
||||
Kemah
Bakti
|
Siswa
|
Siswa
dapat mempraktek kan matei PLH yang didapatnya
|
√
|
||||
Mengadakan
kegiatan-kegiatan LH yang melibat-kan masyarakat sekitar
|
Penanaman
Pohon / penghijauan
|
Warga seko-lah,masya-rakat
sekitar
|
Teciptanya
lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
|
√
|
|||
Seminar
|
guru
diwila-yah kecama-tan Rantau
|
Mensosialisasikan
PLH kepada guru-guru sekolah lain
|
√
|
||||
Mengikuti
kegiat-an LH yang dipra-karsai pihak luar
|
Lomba Sekolah
Sehat (UKS)
|
warga seko-lah
|
Sekolah
yang bersih dan sehat
|
√
|
|||
Aksi
penanaman sejuta pohon
|
warga seko-lah,
masya-rakat sekitar
|
Lingkungan
sekolah dan sekitarnya yang rindang
|
√
|
||||
Lomba
pidato bertema lingkungan
|
Siswa
siswa di sekolah se-kecamat-an
|
Meningkatnya
kemampuan berpidato dan pemahaman LH pada siswa
|
√
|
||||
Melakukan
kemi-traan dengan pihak luar dalam pe-ngembangan PLH
|
Penyusunan
materi ajar lingkungan hidup
|
Guru dan
pihak terkait
|
Tersusunnya
materi ajar muatan acto PLH
|
√
|
D.
Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah
Lingkungan
Tujuan
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Output
|
Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||||
Memanfaatkan
sarana pendukung sekolah sebagai media pembela-jaran
|
Pemanfaatan
Rumah kaca
|
Siswa
|
Siswa
dapat memanfaat kan rumah kaca
|
√
|
|||
Pemanfaatan
pohon/kebun
|
Siswa
|
Siswa
dapat menanam/mencangkok dengan baik
|
√
|
||||
Pembibitan
|
Siswa
|
Siswa
dapat melakukan pembibitan tanaman
|
√
|
||||
Pemanfaatan
mesin pencacah sampah
|
Siswa
|
Siswa
dapat melakukan pengelolaan sampah
|
√
|
||||
Mengelola
sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan
|
Pengaturan
ruang kelas
|
siswa
|
Ruang
kelas memenuhi syarat kesehatan
|
√
|
|||
Pemeliharaan
dan pengaturan pohon peneduh / penghi-jauan
|
warga seko-lah
|
Lingkungan
sekolah yang teduh dan rindang
|
√
|
||||
Mengelola
fasilitas sanitasi
|
Membuat
jadwal kegiatan pengelo-laan sanitasi
|
siswa,
guru, staf tata usaha
|
Adanya
jadwal/ piket pengelo-laan sanitasi
|
√
|
|||
pengadaan
bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
|
warga seko-lah
|
Tersedianya
tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
|
√
|
||||
Penambahan
WC siswa
|
warga seko-lah
|
Tersedianya
WC tambahan bagi siswa
|
√
|
||||
Pembuatan
penam-pungan air limbah
|
warga seko-lah
|
Tersedianya
tempat penampungan air limbah
|
√
|
||||
Perbaikan
saluran drainase
|
warga seko-lah
|
Saluran
drainasi yang lebih baik
|
√
|
||||
Menghemat
SDA
|
Membuat
surat edaran penghemat-an SDA
|
Kepsek,
guru , siswa
|
Surat
Edaran penghematan SDA
|
√
|
|||
Sosialisasi
penghe-matan SDA
|
warga seko-lah
|
Tersosialisasinya
surat edaran penghematan SDA
|
√
|
||||
Membuat
himbau-an-himbauan dilo-kasi tertentu
|
Kepsek,
guru
|
Adanya pos-ter/himbauan
di ling-kungan sekolah
|
√
|
||||
Mengelola
kantin dan atau makanan yang sehat
|
Mengangkat
pengawas kantin
|
Kepsek,
guru
|
Adanya SK
pengawas kantin
|
√
|
|||
Membuat
tata tertib kantin
|
Kepsek,
guru, peda-gang kantin
|
Tata
tertib kantin
|
√
|
||||
Menyediakan
tempat sampah terpisah
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
Tempat sampah terpisah di kantin
|
√
|
||||
Menyediakan
tempat cuci tangan
|
siswa,
pedagang kantin
|
Tersedianya
bong tempat cuci tangan di kantin
|
√
|
||||
Menempelkan
poster/himbauan makanan sehat
|
Kepsek,
guru, peda-gang kantin
|
Adanya
poster / himbauan makanan sehat di kantin
|
√
|
||||
Mengelola
sampah
|
Menyediakan
tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
|
warga seko-lah
|
Tersedianya
tempat sam-pah terpisah di setiap hala-man depan ruang kelas dan guru
|
√
|
|||
Membuat/menyediakan
tempat penam-pungan sampah sementara
|
warga seko-lah
|
Tersedianya
bak sampah penampungan semen-tara
|
√
|
||||
Membuat
Piket kebersihan guru dan siswa
|
Guru,
siswa
|
Jadwal /
piket kebersihan
|
√
|
||||
Pengolahan
sampah sederhana
|
Siswa
|
Sampah
yang telah diolah
|
√
|
2. Pelaksanaan Program Adiwiyata sampai Tahun Pelajaran 2013/2014.
A.
Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
Menyusun
Visi dan Misi Sekolah Adiwiyata
|
Juli 2013
|
Kepsek,
Guru, Komite
|
Visi dan
Misi tercantum dalam KTSP
|
-
|
Revisi
jika diperlukan
|
2
|
Sosialisasi
Visi dan Misi sekolah Adiwiyata
|
Juli 2013
– Juni 2017
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisasi
Visi dan Misi Seko-lah adiwi-yata
|
-
|
-
|
3
|
Himbauan
untuk pengin-tegrasian PLH dalam Mata Pelajaran dan Pengembangan diri
|
September
2013
|
Guru mata
pelajaran IPA,IPS, Penjaskes,Pendidikan Agama, Muatan Lokal dan Pengembangan
diri
|
PLH
terintegrasi dalam mata pelajaran tertentu
|
Penyesuaian
dengan Sila-bus yang telah disusun secara bersama da-lam MGMP
|
Penyesuaian
Silabus dengan penambahan materi PLH
|
4
|
Penanaman
pohon / penghijauan
|
Januari
2014
|
Seluruh
warga sekolah
|
Sekolah
yang hijau dan rindang
|
-
|
Dilakukan
secara berkelanju - tan
|
5
|
Pengarahan
pada saat upacara bendera
|
setiap
bulan
|
kepsek,
guru
|
Tersosialisasinya
penerapan PLH
|
-
|
-
|
6
|
pengarahan
pada saat rapat komite
|
Rapat
Komite bulan September 2013
|
Kepsek,
komite / orang tua siswa
|
Tersosialisa
sinya penerapan PLH
|
Tidak
semua orangtua hadir
|
Diusahakan
untuk menghadirkan seluruh wali murid
|
7
|
Meyusun
surat keputusan tentang petunjuk pelaksanaan hemat SDA
|
Januari 2014
|
Kepsek,
Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman
Hemat Sumber Daya Alam
|
-
|
Revisi
jika diperlukan
|
8
|
Sosialisasi
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
Januari 2014
– Juni 2014
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisa
sinya Pedoman Hemat SDA
|
-
|
-
|
9
|
Menyusun
surat keputusan tentang petunujuk pelaksanaan sekolah yang bersih dan sehat
|
Januari 2014
|
Kepsek,
Guru dan staf Tata usaha
|
Pedoman
Budaya Bersih dan Sehat
|
-
|
Revisi
jika diperlukan
|
10
|
Sosialisasi
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
Januari 2014
– Juni 2014
|
Seluruh
warga sekolah
|
Tersosialisasinya
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
-
|
-
|
11
|
Penyediaan
prasarana kebersihan
|
setiap
Februari
|
Sekolah
|
Lingkungan
sekolah yang bersih
|
Terbatasnya
dana
|
kerjasama
/ mohon bantuan instansi terkait
|
12
|
Pembelian
pohon dan tanaman hias/bunga
|
Maret 2014
|
Sekolah
|
Lingkungan
sekolah yang hijau dan indah
|
Terbatasnya
dana
|
kerjasama
/ mohon bantuan instansi terkait
|
B.
Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup
No
|
Kegiatan
|
Pelaksa naan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
Menyusun
silabus terkait PLH secara integrasi
|
Setiap
Juli
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
mata pelajaran terintegrasi
|
Masih
kurang pemahaman tentang PLH
|
Diadakan
pelatihan / seminar
|
2
|
Menyusun
silabus berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Setiap
Juli
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
berisikan materi isu lokal LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Dalam
penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
|
Disusun
dengan mempertimbangkan masuknya materi isu lokal LH
|
3
|
Menyusun
silabus berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Setiap
Juli
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
berisikan materi isu global LH pada indikator mata pelajaran terkait
|
Dalam
penyesuaian dengan materi yang telah ditentukan
|
Disusun
dengan mempertimbangkan masuknya materi isu global LH
|
4
|
Menyusun
silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
|
Setiap
Juli
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
Mapel dengan metode pembelaja ran yang bervariasi
|
sarana
yang terbatas untuk mendukung metode pembelaja ran
|
Diusahakan
menambah sarana yang dapat digunakan untuk pembelaja ran
|
5
|
Menyusun
silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
Setiap
Juli
|
Kepsek,
Guru mata pelajaran terkait
|
Silabus
mata pelajaran dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
-
|
-
|
6
|
Pencangkokan
tanaman
|
sesuai
jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa
dapat mencangkok tanaman / pohon
|
-
|
-
|
7
|
Pengolahan
sampah
|
sesuai
jadwal muatan lokal
|
siswa
|
Siswa
dapat mengelola sampah secara sederhana
|
Mesin
pengolah sampah yang terbatas
|
Penambahan
mesin pencacah sampah
|
C.
Pengembangan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
Piket
Kebersihan
|
Setiap
hari
|
Siswa
|
Ada jadwal
kebersihan sekolah
|
-
|
Dilakukan
secara berkelanju tan
|
2
|
Lomba
Kebersihan kelas
|
Setiap 3
bulan sekali
|
Siswa
|
Meningkat
nya motivasi siswa dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
|
-
|
Dilakukan
secara berkelanju tan
|
3
|
Penanaman
Pohon / penghijauan yang melibatkan masyarakat
|
Maret 2014
|
Warga
sekolah, masyarakat sekitar
|
Teciptanya
lingkungan Sekolah dan sekitarnya yang hijau
|
Masih
kurang kerjasama dengan masyarakat
|
Diusahakan
adanya pendekatan yang lebih intensif dengan masyarakat
|
4
|
Lomba
Sekolah Sehat (UKS)
|
Sesuai
jadwal Lomba
|
warga
sekolah
|
Sekolah
yang bersih dan sehat
|
Masih ada
sarana yang kurang
|
Penamba
han sarana prasarana
|
5
|
Aksi
penanaman sejuta pohon
|
Maret 2014
|
warga
sekolah, masyarakat sekitar
|
Lingkungan
sekolah dan sekitarnya yang rindang
|
-
|
Terus
diikuti setiap tahunnya
|
D.
Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah Yang Ramah
Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil yang dicapai
|
Kendala pelaksanaan
|
Tindak lanjut
|
1
|
pemanfaatan
Rumah kaca
|
sesuai
jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa
dapat memanfaatkan rumah kaca
|
kondisi
bangunan
|
perbaikan
bangunan
|
2
|
Pemanfaatan
pohon/kebun
|
sesuai
jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa
dapat menanam/mencangkok dengan baik
|
-
|
-
|
3
|
Pembibitan
|
sesuai
jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa
dapat melakukan pembibitan tanaman
|
-
|
-
|
4
|
Pemanfaatan
mesin pencacah sampah
|
sesuai
jadwal muatan lokal
|
Siswa
|
Siswa
dapat melakukan pengelolaan sampah
|
Jumlah
yang terbatas
|
Diusahakan
penambahan mesin
|
5
|
Pengaturan
ruang kelas
|
setiap
hari
|
siswa
|
Ruang
kelas memenuhi syarat kesehatan
|
-
|
-
|
6
|
Pemeliharaan
dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
|
setiap
hari
|
warga
sekolah
|
Lingkungan
sekolah yang teduh dan rindang
|
-
|
Terus
dipelihara
|
7
|
Membuat
jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
|
Setiap
Juli
|
siswa,
guru, staf tata usah
|
Adanya
jadwal/piket pengelolaan sanitasi
|
Belum
optimal dilakukan
|
Pengoptimalan
jadwal kegiatan pengelolaan sanitasi
|
8
|
pengadaan
bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
|
Maret 2014
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
tempat cuci tangan bagi siswa dan guru
|
-
|
Pemeliharaan
dan penambahan jumlah
|
9
|
Penambahan
WC siswa
|
Novem ber
2014
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
WC tambahan bagi siswa
|
-
|
Diusahakan
ada penambahan wc lagi
|
10
|
Pembuatan
penampu ngan air limbah
|
sudah ada
sebelum
nya
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
tempat penampu ngan air limbah
|
-
|
-
|
11
|
Membuat
surat edaran penghema tan SDA
|
Maret 2014
|
Kepsek,
guru, siswa
|
Surat
Edaran penghema tan SDA
|
-
|
Revisi
jika diperlukan
|
12
|
Sosialisasi
penghema tan SDA
|
Maret 2014
– Juni 2014
|
warga
sekolah
|
Tersosialisasinya
surat edaran penghema tan SDA
|
-
|
-
|
13
|
Membuat
himbauan-himbauan dilokasi tertentu
|
Maret 2014
– Juni 2014
|
Kepsek,
guru
|
Adanya
poster/himbauan di lingkungan sekolah
|
-
|
Akan
diperbanyak lagi
|
14
|
Mengangkat
pengawas kantin
|
Juli 2014
|
Kepsek,
guru
|
Adanya SK
pengawas kantin
|
-
|
-
|
15
|
Membuat
tata tertib kantin
|
Juli 2014
|
Kepsek,
guru, pedagang kantin
|
Tata
tertib kantin
|
-
|
Revisi
jika diperlukan
|
16
|
Menyediakan
tempat sampah terpisah
|
April 2014
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
Tempat sampah terpisah di kantin
|
-
|
Pemelihara
an dan perbaikan
|
17
|
Menyediakan
tempat cuci tangan
|
April 2014
|
siswa,
pedagang kantin
|
Tersedianya
bong tempat cuci tangan di kantin
|
-
|
Pemelihara
an dan perbaikan
|
18
|
Menempel
kan poster/himbauan makanan sehat
|
April 2014
|
Kepsek,
guru, pedagang kantin
|
Adanya
poster / himbauan makanan sehat di kantin
|
-
|
Penamba
han jumlah
|
19
|
Menyediakan
tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruangan
|
April 2014
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
tempat sampah terpisah di setiap halaman depan ruang kelas dan guru
|
-
|
Pemelihara
an dan perbaikan
|
20
|
Membuat/menyediakan
tempat penampu ngan sampah sementara
|
April 2014
|
warga
sekolah
|
Tersedianya
bak sampah penampu ngan sementara
|
-
|
Pemelihara
an dan perbaikan
|
21
|
Membuat
Piket kebersihan guru dan siswa
|
Setiap
Juli
|
Guru,
siswa
|
Jadwal /
piket kebersihan
|
-
|
Terus berkelanju
tan
|
22
|
Penampu
ngan sampah sementara
|
April 2014
|
siswa
|
Tempat
penampung Sampah sementara
|
Jumlah
terbatas
|
Penamba
han jumlah tempat penampu ngan sementara
|
D. Faktor pendukung keterlaksanaan
Dalam mewujudkan Program Adiwiyata, SMA Negeri 1 Rantau
memiliki potensi yang sangat besar, yaitu :
1. SMA Negeri 1
Rantau merupakan Sekolah Sehat, yang telah mengikuti lomba Sekolah Sehat selama
2 tahun berturut-turut dan pada tahun 2012 dan 2013. Hal ini sangat mendukung
sekali dan berkaitan erat dengan Program adiwiyata karena mengenai kebersihan
dan kesehatan lingkungan sekolah sudah tidak perlu diragukan lagi dan telah
tertanam dalam pembiasaan warga sekolah.
2. SMA Negeri 1
Rantau secara fisik sangat indah, rindang dan nyaman dengan penataan lingkungan
sekolah yang baik, berupa taman sekolah, pengelolaan sarana dan prasarana
sekolah, kantin maupun pengeloaan sampah. Ini telah lama dilakukan dan terus
berkelanjutan setiap tahun dengan mengadakan perbaikan dan penyempurnaan
diberbagai tempat. Hal ini yang menjadi salah satu faktor SMA Negeri 1 Rantau.
3. Dukungan
yang besar dari semua warga sekolah. Adanya rasa kebersamaan untuk menjadikan SMA
Negeri 1 Rantau sebagai sekolah yang sehat, peduli dan berbudaya lingkungan
menjadi modal utama untuk dapat mencapai cita-cita tersebut.
4. Adanya
muatan local berupa keterampilan pertanian yang mendukung program ini
Demikian
potensi dan kendala SMA Negeri 1 Rantau dalam mewujudkan sekolah yang peduli
dan berbudaya lingkungan.
E.
Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan dengan dijadikan Sekolah adiwiyata sebagai program
unggulan sekolah adalah:
1.
Terciptanya
kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran &
penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di
kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam
upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan
2.
Memperoleh
juara 1 tingkat provinsi untuk mewakili Kalimantan Selatan dalam lomba tingkat Nasional
F. Jadwal Kegiatan Tahun Pelajaran 2013/2014
Kegiatan
|
Bulan
|
||||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
Sosialisasi
Visi dan Misi sekolah Adiwi-yata
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Mengevaluasi
pelak-sanaan Visi dan misi Sekolah adiwiyata
|
√
|
√
|
|||||||||||
Himbauan
untuk pengintegrasian PLH dalam Mata Pela-jaran dan Pengem-bangan diri
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
Kuri-kulum Sekolah (KTSP) yang mengintegrasikan PLH dalam Mata Pelajaran dan
pengembangan diri
|
√
|
||||||||||||
Pengembangan
kurikulum pembe-lajaran PLH secara monolitik
|
√
|
||||||||||||
Penanaman
pohon / penghijauan
|
√
|
||||||||||||
Lomba
kebersihan kelas dan lingkungan sekitarnya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
Lomba
mengarang / poster bertema Lingkungan
|
√
|
||||||||||||
Pengarahan
pada saat upacara bendera
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
pengarahan
pada saat rapat komite
|
√
|
||||||||||||
Sosialisasi
Pedoman Hemat Sumber Daya Alam
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Sosialisasi
Pedoman Budaya Bersih dan Sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Penyediaan
prasarana kebersihan
|
√
|
√
|
|||||||||||
Pembelian
pohon dan tanaman hias/bunga
|
|
√
|
√
|
||||||||||
Menyusun
silabus terkait PLH secara integrasi
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
silabus mata pelajaran PLH
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
silabus berisikan materi isu lokal LH pada
mata pelajaran terkait
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
silabus berisikan materi isu global LH pada
mata pelajaran terkait
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
silabus dengan metode pembelajaran yang bervariasi
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
silabus dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada disekolah
|
√
|
||||||||||||
Menyusun
silabus mata pelajaran PLH dengan pemanfaatan sumber belajar PLH yang ada
disekolah
|
√
|
||||||||||||
Pencangkokan
tanaman
|
√
|
√
|
|||||||||||
Pengolahan
sampah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Perbaikan
pemanfaatan Rumah kaca
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
Penanaman
Pohon / penghijauan
|
√
|
√
|
|||||||||||
Pemeliharaan
dan pengaturan pohon peneduh / penghijauan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
pengadaan
bong untuk air bersih di setiap halaman depan kelas
|
√
|
||||||||||||
Perbaikan
saluran drainase
|
√
|
G.
Pembiayaan
Dana untuk pelaksanaan Program Adiwiyata SMAN 1 Rantau
sebesar Rp. 50.625.000,-. Dana tersebut bersumber dari Dana BOS-D dan BOS Pusat
dengan rincian sebagai berikut :
BOS-D = Rp.
26.900.00,-
BOS Pusat = Rp. 23.725.000,-
H. Penutup
Pemilihan program Adiwiyata ini sebagai program
unggulan sekolah diharapkan dapat meningkatan kualitas sekolah baik perilaku
peduli dan berbudaya lingkungan, maupun tercipta peningkatan kualitas
lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya yang lebih baik.
Dengan partsipasi semua pihak dalam melaksanakan dan
mendukung program Adiwiyata, maka akan terjadi perubahan perilaku yang
berbudaya lingkungan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan kualitas
lingkungan hidup, yang akan mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan
hidup di sekolah. Disamping itu tentu kita semua berharap dapat memperoleh
juara dalam lomba adiwiyata nasional.
Rantau, Januari 2014
Kepala
Sekolah
Drs.
Muhammad Nurdin,M.Pd.
NIP
19670222 199203 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar